Jumat pagi Donald Trump menunjukkan bahaya besar duduk bersama Robert Mueller

Presiden Donald Trump memiliki hubungan yang sangat biasa dengan kebenaran. Baginya, fakta itu bisa dipertukarkan. Mereka adalah hal-hal untuk meregangkan, menarik dan, kadang-kadang, istirahat, semua pelayanan cerita yang diceritakan tentang hidupnya.

Dalam 466 hari pertamanya di kantor, Trump mengatakan ada lebih dari 3.000 hal yang sebagian atau seluruhnya salah, menurut penghitungan ulang yang dikelola oleh blog Fact Checker yang luar biasa di The Washington Post. Itu 6,5 per hari!

Kecenderungan Trump pada pengingkaran adalah, pada tingkat tertentu, bagian yang diterima dari kepresidenannya saat ini. Ini adalah karakteristik, bukan kesalahan. Bagi kebanyakan orang, baik mereka yang mendukung Trump dan mereka yang dengan keras menentangnya, kebesar-besarannya, kepalsuan dan, dalam banyak kasus, kebohongan yang mencolok.

Jika Anda menyukainya, Anda benar-benar tidak peduli, karena Trump adalah Trump, dengan sedikit efek praktis pada hidup Anda atau kepresidenan Anda. Jika Anda membencinya, Anda melihat kurangnya realitas berdasarkan fakta-fakta sebagai gejala dari masalah yang lebih luas yang mempengaruhi kepresidenan Anda.

Tapi ada tempat di mana kurangnya ketulusan dan kejujuran Trump adalah tanggung jawab yang besar: dalam sebuah pernyataan hukum di mana kebohongan memerlukan sanksi pidana.

Yang membawa saya ke Jumat pagi: Wawancara Trump dengan Steve Doocy dari Fox News dan scrum 30 menit berikutnya dengan wartawan lain berkumpul di taman utara Gedung Putih. Dan perdebatan yang sedang berlangsung tentang apakah Trump akan duduk untuk wawancara dengan penasihat khusus Robert Mueller untuk menjawab pertanyaan tentang pemilihan 2016, pemecatannya dari direktur FBI James Comey dan sejumlah hal lainnya.

Dari potensi itu, Trump mengatakan Jumat: “Saya ingin berbicara, tetapi tampaknya sangat parsial.” Rudy Giuliani, anggota tim hukum Trump, mengatakan kepada Bloomberg pada hari Jumat bahwa ada “peluang bagus” bahwa Trump akan membuat keputusan apakah akan berbicara dengan Mueller minggu depan.

Begini masalahnya: jika hari Jumat adalah indikasi bagaimana Trump akan berbicara dalam sebuah deposisi dengan Mueller, itu akan sangat bermasalah baginya, secara hukum.

Katy Tur dari MSNBC mengatakan 19 kebohongan atau kebohongan Trump pada Jumat pagi.

Dalam kata-kata Radiohead, distorsi, setengah-kebenaran dan kebohongan terang ada di mana-mana sepanjang waktu.

Berikut ini contoh sumber:

 

Laporan inspektur jenderal Departemen Kehakiman pada pemilu 2016 “benar-benar membebaskan” Trump dalam penyelidikan Mueller

Alasan mengapa anak-anak dipisahkan dari orang tua mereka di perbatasan selatan adalah karena hukum yang demokratis.

Mantan Presiden Barack Obama “kehilangan” Krimea

Ancaman nuklir dari Korea Utara sudah berakhir

 

Itu adalah beberapa yang besar, tetapi tidak semua. Masih ada lagi.

Setiap pernyataan itu akan sangat bermasalah jika Trump berusaha agar Mueller berada di sisi lain meja. Dan itu lebih buruk dari itu untuk Trump: ingat bahwa Mueller dan tim penasihat khusus telah berbicara dengan banyak orang. Mereka semua telah membantu melengkapi gambar untuk kantor pengacara khusus. Yang berarti bahwa versi peristiwa, percakapan, dan sejenisnya dari Trump akan dibandingkan dengan semua versi lain yang telah disatukan oleh Mueller.

Fakta sederhana adalah bahwa Trump adalah ladang ranjau mutlak ketika datang untuk memberi kesaksian di hadapan Mueller. Jumat pagi menunjukkan fakta itu dengan warna-warna terbang.